Sistem
Pendukung Manajemen (MSS) adalah kumpulan teknologi komputer yg mendukung
pekerjaan manajerial khususnya pengambilan keputusan.
Atau Manajer dan Dukungan Komputer Manajemen adalah proses pencapaian tujuan organisasi
Atau Manajer dan Dukungan Komputer Manajemen adalah proses pencapaian tujuan organisasi
melalui penggunaan sumberdaya (manusia, uang, energi, material, ruang, dan waktu). Kesuksesan suatu organisasi dan kesuksesan tugas seorang manajer diukur dari produktivitas. Produktivitas = Output(produk, jasa) Input(sumberdaya) Teknologi Komputer sekarang ini merupakan
bagian terpenting dalam dunia bisnis, dan jelas dalam pelbagai bidang lainnya.
Proses pengambilan
keputusan terdiri dari 3 fase proses : intelegence, design, choice.
-Intelegence : pencarian kondisi-kondisi yang dapat menghasilkan keputusan.
-Design : menemukan, mengembangkan, dan menganalisis materi-materi yang mungkin untuk dikerjakan.
-Choice : pemilihan dari materi-materi yang tersedia, mana yang akan dikerjakan.
-Intelegence : pencarian kondisi-kondisi yang dapat menghasilkan keputusan.
-Design : menemukan, mengembangkan, dan menganalisis materi-materi yang mungkin untuk dikerjakan.
-Choice : pemilihan dari materi-materi yang tersedia, mana yang akan dikerjakan.
Proses-proses yang
terjadi pada kerangka kerja DS dibedakan atas:
-Terstruktur, mengacu pada permasalahan rutin dan berulang untuk solusi standar yang ada.
-Tak terstruktur, adalah permasalahan kompleks dimana tak ada solusi serta merta. Masalah yang tak terstruktur adalah tak adanya 3 fase proses yang terstruktur.
-Semi terstruktur, terdapat beberapa kepututsan terstruktur, tetapi tak semuanya
-Terstruktur, mengacu pada permasalahan rutin dan berulang untuk solusi standar yang ada.
-Tak terstruktur, adalah permasalahan kompleks dimana tak ada solusi serta merta. Masalah yang tak terstruktur adalah tak adanya 3 fase proses yang terstruktur.
-Semi terstruktur, terdapat beberapa kepututsan terstruktur, tetapi tak semuanya
dari fase-fase yang ada.
Menurut
Mintzberg (1980), ada 10 peran utama manajer yang terkelompok ke dalam 3 katagori
utama, yaitu :
1.
Interpersonal :
a. Figurehead : wajib
melakukan se jumlah tugas rutin yang bersifat hukum atau sosial.
b. Leader :
- Bertanggung
jawab utk memotivasi dan mengaktivikasi para bawahan
- Bertanggung jawab
dalam hal kepegawaian, pelatihan, dan tugas- tugas terkait.
c. Liaison : Menjaga
jaringan yang dikembangkan sendiri di luar kontak dan pemberi informasi
yang memberikan informasi.
a.
Monitor : mencari dan menerima informasi (terkini) untuk membangun pemahaman
menyeluruh terhadap organisasi dan lingkungan (internal dan eksternal)
b.
Disseminator : mengirim informasi yang diterima dari pihak luar atau dari
bawahan kepada anggota organisasi.
c.
Spokesperson : mengirim informasi kepada pihak luar mengenai rencana
perusahaan, kebijakan, hasil, dll.
3.
Decisional :
a.
Entrepreneur : mencari peluang dan memprakarsai proyek-proyek peningkatan untuk
membawa perubahan, mensupervisi desain dari proyek-proyek tertentu.
b.
Disterbune handler : bertanggungjawab terhadap tindakan korektif ketika
organisasi menghadapi gangguan penting yg tidak diharapkan.
c.
Resource allocator : bertanggungjawab terhadap alokasi semua jenis sumberdaya
organisasi terkait dengan membuat atau menyetujui semua keputusan penting
organisasi.
d.
Negotiator : bertanggung jawab untuk mewakili perusahaan pada berbagai
negosiasi penting
MSS atau sistem pendukung manajemen dibagi
menjadi bagian-bagian:
1. Accounting
information system
2. Finance
information system
3. Marketing
information system
4. Production
information system
5. Personel
information system
6. Corporate
information system
7. Management
information system
8. Information
system lainnya
Sistem informasi yang didasarkan pada MSS,
saat ini memang belum memiliki pembagian yang baku sehingga pembagian-pembagian
seperti diatas dapat dibenarkan. Dengan demikian, pengetahuan global tentang
bagian-bagian manajemen yang dapat dibantu oleh komputer dapat
ditransformasikan ke pengetahuan yang ada dengan kebutuhan sehari-hari oleh
seorang manajer baik dari disiplin ilmu/bidang akuntansi, keuangan, produksi,
personalia, dan sebagainya.
Untuk organisasi yang cukup besar biasanya
setiap subsitem dapat dibagi menjadi manajementingkat atas, tingkat menengah,
dan tingkat bawah serta bagian operasional yang dikenal dengan piramida
organisasi. Setiap bagian mempunyai tujuan yang berbeda. Manajemen tingka atas
membutuhkan informasi dari dalam maupun dari luar organisasi, tetapi mereka
hanya membutuhkan rangkuman atau ringkasan yang telah di saring atau
dipresentasikan ke dalam bentuk yang bagus.
Untuk memenuhi kebutuhan mereka, manajemen
tingkat atas perlu dibantu komputer yang berfungsi sebagai Executive Support System (ESS). Sedangkan manajemen tingkat
menengah perlu dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama adlaah para manajer
dari departemen komputer yang mengurusi arus keluar masuk dan mengumpulkan
data. Mereka membutuhkan komputer untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan
menghasilkan informasi. Mereka membutuhkan Manangement
Support System (MSS) atau Sistem Pendukung Manajemen (SPM).
Bagian kedua adalah para menajer dari
departemen yang lain seperti departemen pemasaran, departemen kuangan,
departemen akuntansi, bagian pembelian, bagian personalia, serta bagian-bagian
lainnya. Manajer dari bermacam-macam departemen ini membutuhkan komputer yang
mempunyai kemampuan menganalisis dan membantu manajer dalam mebuat keputusan.
Mereka membutuhkan komputer yang berfungsi sebagai decision support management.
Bagian ketiga adalah peralatan perkantoran
dan komunikasi yang dpaapt dipakai untuk smeua agara keputusan yang diambil
lebih efektif. Mereka membutuhkan peralatan tambahan, yaitu office Automation
(OA). Sedangkan manajer Bagian Operasi (BO) lebih mengutamakan proses transaksi
dan enyimpanan data. Mereka tidak membutuhkan komputer untuk menganalisis,
tetapi sebuah komputer yang mempunyai kapasitas besar dan kecepatan tinggi,
anatar lain komputer mainframe. Bagian ini sering juga disebut “Transaction Processing System (TPS)
atau siste pengolahan transaksi.
Management Support System (MSS) terdiri dari :
1. Sistem Pengelolahan Transaksi (TPS)
2. Otomasi Perkantoran / Office Automation System / (OAS) / (OA)
3. Decision Support System (DSS)
4. Sistem Pendukung Executive (ESS) / Executive Information (EIS)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar